Minggu, 31 Maret 2019

Cara Membuat Tema di Wordpress

Langkah 1 : Tempat Penyimpanan Teplate Dan File Temlpalte Wordpess akan di simpan dalam folder wp-content/themes/, dan anda perlu membuat nama folder dari template. Pada tutorial ini, saya akan memberi nama folder manchester. Nama folder tidak boleh di buat unik.













Langkah ke 2 : Buat File Template dan CSS Stylesheet 1. Buat Dolfer machester pada direktori 2. Pada folder manchester buat file-file berikut :
• Header.php
• Index.php
• Footer.php
• Fucntions.php
• Sidebar.php
• Single.php
• Page.php
• Style.css











Langkah ke 3 : Tambahkan Code
Sebelum anda membuat letak template Wordpress, anda perlu manambahkan beberapa bagian code pada file-file template.

1. fuctions.php
Silahkan buka file fuctions.php :

Untuk mengaktifkan widget sidebar. jika anda tidak memasukan code tersebut, maka link menu widget tidak akan muncul di halam dashboard 
wordpress dan anda tidak bisa menambahkan widget.











2. sidebar.php

silakan buka file sidebar.php dan tambahkan code berikut ini. Ini akan membuat sidebar dan widget muncul pada template ketika get_sidebar() dipanggil.



Langkah 4: Buat Tata Letak untuk Template

1. header.php

File header.php akan mendefinisikan bagian paling atas dari dokumen, dimulai dengan deklarasi DOCTYPE.

 




2. index.php

Untuk file index.php akan mendefinisikan homepage dan juga akan digunakan sebagai tampilan default jika tidak ditemukan template yang spesifik, seperti single.phppage.php.
Kemudian akan digunakan template tags untuk memastikan code header (get_header), sidebar (get_sidebar) dan footer (get_footer) berada di dalam homepage.

 



3. footer.php

Untuk file footer.php akan mendefinisikan setiap halaman dan merupakan penutup dari tag HTML file template lain. Pada contoh ini <body> dan <html> masih terbuka dari header.php.

 




4. single.php

File single.php akan mendefinisikan tata letak ketika mengakses halaman tertentu pada website. Ini berbeda dengan index.php.

 








5. page.php

File page.php mendefinisikan halaman yang ditampilkan ketika diakses, halaman ini berbeda dengan index maupun postingan.

 








6. style.css

Selanjutnya adalah menambahkan code css ke dalam file style.css yang sebelumnya sudah dibuat. Silakan tambahkan code berikut di bagian bawah bari code css yang sudah ada.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR PENDAFTARAN SISWA

Memuat...